Kurikulum Sekolah
PROFIL > Kurikulum Sekolah
Kurikulum Merdeka
- Pembelajaran dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan (P5) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Mandiri , Bernalar Kritis)
- Kegiatan Ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat siswa
- Pembelajaran berbasis proyek untuk menguatkan keterampilan abad 21 yaitu critical thinking, creativity, collaboration dan communication
Kurikulum Khas Thayba Islamic School
- Kurikulum Tahfizh
Pembelajaran Al-Qur’an secara intensif (Tahsin dan Tahfizh) sebanyak 10 JP per pekan dengan target 3 juz minimal secara mutqin - Kurikulum Diniyyah
- Pelajaran PAI dispesifikasi menjadi pelajaran Aqidah, Fiqih, Sirah, Akhlak dan Hadits agar peserta didik dapat memiliki pengetahuan dasar ilmu-ilmu agama secara lengkap
- Pelajaran Bahasa Arab agar peserta didik mampu melakukan percakapan bahasa arab sehari-hari serta sebagai alat dalam memahami ilmu agama
- Pelajaran Kitabah melatih peserta didik agar mampu menulis tulisan bahasa arab dengan baik dan benar sesuai kaidah-kaidahnya
Selain 3 komponen kurikulum tersebut, SMP Thayba Islamic School juga melaksanakan :
- Penerapan adab, akhlak serta karakter islami dalam kegiatan sehari-hari
- Penerapan hari bahasa yaitu Inggris dan Arab, serta setiap pagi peserta didik wajib menyetorkan mufrodat/vocabulary sebelum masuk ke dalam sekolah
- Pembelajaran yang terintegrasi antara materi pelajaran umum dengan nilai-nilai agama Islam
- Pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan multimedia
- Program Keputrian adalah suatu kegiatan yang dirancang khusus peserta didik wanita sebagai penanaman karakter sebagai wanita sholihah melalu beberapa aktivitas yang bermanfaat
Struktur Kurikulum SMP Thayba Islamic School :
| NO | MATA PELAJARAN | JP/PEKAN | |||||
| KELAS 7 | KELAS 8 | KELAS 9 | |||||
| I | II | I | II | I | II | ||
| PELAJARAN WAJIB | |||||||
| 1 | PAI / Aqidah | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
| 2 | PPKn/ Akhlak | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
| 3 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
| 4 | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
| 5 | IPA | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
| 6 | IPS | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
| 7 | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
| 8 | Informatika | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
| 9 | PJOK | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
| 10 | Prakarya (Kaligrafi) | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
| MUATAN LOKAL | |||||||
| 11 | Bahasa Arab | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
| MUATAN LOKAL KHAS | |||||||
| 12 | a. Fiqih | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
| 13 | b. Hadits | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
| 14 | c. Sejarah Islam | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
| 15 | d. Al-Qur'an | 10 | 10 | 10 | 10 | 10 | 10 |
| Jumlah | 42 | 42 | 42 | 42 | 42 | 42 | |
Persentase Kelompok Mata Pelajaran :
| NO | KELOMPOK MATA PELAJARAN | JML JP/PEKAN | TOTAL | % |
| A. DINIYYAH | ||||
| 1 | Aqidah | 3 | 10 | 23.81% |
| 2 | Akhlak | 2 | ||
| 3 | Fiqih | 2 | ||
| 4 | Hadits | 2 | ||
| 5 | Sejarah Islam | 1 | ||
| B. UMUM | ||||
| 1 | MTK | 4 | 12 | 28.57% |
| 2 | IPA | 2 | ||
| 3 | IPS | 1 | ||
| 4 | PPKn | 1 | ||
| 5 | Informatika | 2 | ||
| 6 | PJOK | 2 | ||
| C. BAHASA | ||||
| 1 | Bahasa Indonesia | 2 | 10 | 23.81% |
| 2 | Bahasa Arab | 4 | ||
| 3 | Bahasa Inggris | 4 | ||
| D. HAFALAN | ||||
| 1 | Al-Qur'an | 10 | 10 | 23.81% |
| 2 | Hadits Arbain Nawawiyah | |||
| JUMLAH TOTAL | 42 | 42 | 100% | |